18 September 2012

Hasil Lengkap Drawing UEFA Europe League 2012-2013


Beberapa grup menarik pun muncul dari pengundian fase grup ini. Pertandingan-pertandingan menarik antara klub-klub ternama di Eropa dipastikan akan terjadi. Misalnya saja di Grup A, terdapat Liverpool dan Udinese, wakil dari EPL dan Serie A. Hasil Drawing Europa League telah diumumkan oleh UEFA. Gelar kejuaraan ini sebelumnya dimenangkan oleh Atletico Madrid, yang pada perhelatan musim lalu berhasil mengalahkan Athletic Bilbao di final. Musim ini, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Newcastle mewakili Inggris di ajang ini. Lazio, Udinese, Inter Milan dan Napoli juga mengikuti kejuaraan, yang disebut sebagai kejuaraan nomor dua di Eropa, setelah Liga Champions.

Hasil drawing/undian Liga Europa atau Europa League musim 2012-2013 memberi keuntungan tersendiri bagi juara bertahan Atletico Madrid yang berada di grup empuk. Sementara itu, Liverpool menjadi salah satu klub yang kurang beruntung karena sudah harus bertemu dengan Udinese dan Anzhi Makachkala di babak penyisihan grup. Klub-klub terkenal Eropa lain seperti Internazionale, Lazio, dan Tottenham Hotspur, juga berpeluang membuka jalan untuk mendekati partai final yang akan diselenggarakan pada 15 Mei 2013 mendatang. Juara bertahan Atletico Madrid mendapatkan lawan-lawan yang relatif ringan. Selain Academica (Portugal), musuh yang dihadapi pasukan Diego Simeone hanyalah Hapoel Tel-Aviv (Israel) dan Viktoria Plzen (Republik Ceko). Hal yang membuat optimisme kubu Vicente Calderon melayang tinggi untuk mendapatkan gelar beruntun di Europa League.


 Sementara itu, Liverpool akan berada di grup maut. Mereka akan ditantang oleh Udinese yang berpotensi mengganggu perjalanan The Reds. Ada pula Anzhi Makachkala (Rusia) yang diperkuat Samuel Eto’o. Satu lawan lain yang mungkin akan menjadi tempat mendulang poin di Grup A, adalah Young Boys (Swiss). Klub-klub elite Eropa lain, mendapatkan grup yang nyaman untuk memastikan tiket ke babak 32 besar. Sebutkanlah Internazionale. Klub asal Italia ini memang bisa berduel ketat dengan Rubin Kazan (Rusia). Namun, dua lawan sisa di atas kertas mudah ditaklukkan. Mereka adalah Partizan Belgrade (Serbia) dan Neftci Baku(Azerbaijan). PSV dan Napoli memang akan gontok-gontokan di Grup F. Meskipun demikian, secara teknis mereka juga akan mampu melewati Dnipro Dnipropetrovsk (Ukraina) dan AIK (Swedia). Demikian pula Tottenham Hotspur dan Lazio yang akan mati-matian bertarung di Grup J. Andai waspada, mereka bisa melewati Panathinaikos (Yunani) dan NK Maribor (Slovenia). 

Adapun peserta untuk musim ini semuanya ada 48 klub dan dibagi ke dalam 12 grup yang masing masing berjumlah empat klub pada setiap grupnya. Untuk pagelaran hari pertandingan akan dilaksanakan sebagai berikut :

Matchday pertama : 20 September 2012
Matchday kedua : 4 oktober 2012
Matchday ketiga : 25 Oktober 2012
Matchday keempat : 8 November 2012
Matchday kelima : 22 November 2012
Matchday keenam : 6 Desember 2012

Peraturan yang dilaksanakan pada tahun ini adalah :
  1. Setiap klub akan bertanding dua kali dengan setiap lawan dan dilaksanakan sesuai sistem kandang tandang.
  2.  Dari setiap grup dua klub peringkat teratas akan melaju ke babak selanjutnya ditambah dengan 8 klub peringkat ketiga setiap grup liga champions sehingga jumlahnya pas 32 klub pada fase knock out.
  3. Penentuan juara grup berdasarkan jumlah poin yang diperoleh dari hasil pertandingan dimana 3 poin untuk menang, 1 poin masing masing untuk seri dan nol untuk kekalahan.
  4. Apabila poin sama penentuan selanjutnya berdasarkan aggregat gol terbaik, jumlah memasukan, jumlah memasukan dikandang lawan, dan koefisien klub di tingkat eropa

 Hasil lengkap pengundian babak grup Liga Europa:
Grup A: Liverpool, Udinese, Young Boys, Anzhi
Grup B: Atletico Madrid, Hapoel Tel-Aviv, Plzen, Academica
Grup C: Marseille, Fenerbache, Monchengladbach, AEL
Grup D: Bordeaux, Club Brugge, Newcastle, Maritimo

Grup E: Stuttgart, Kobenhavn, Steaua, Molde
Grup F: PSV, Napoli, Dnipro, AIK
Grup G: Sporting, Basel, Genk, Videoton
Grup H: Inter, Rubin Kazan, Partizan, Nftci

Grup I: Lyon, Athletic Bilbao, Sparta Praha, Kiryat Shmona
Grup J: Tottenham, Panathinaikos, Lazio, Maribor
Grup K: Leverkusen, Metalist, Rosenborg, Rapid Wien
Grup L: Twente, Hannover, Levante, Helsingborg
Babak penyisihan grup Europa League yang akan dimulai sejak 21 September 2012 ini masih berpotensi memunculkan kejutan. Klub-klub terkenal yang meremehkan lawan bisa saja terjengkang. Siapakah yang akan mencapai final yang akan diselenggarakan di Amsterdam Arena, Belanda? Apakah Atletico Madrid akan mengulang prestasi musim lalu? Ataukah kini giliran Liverpool, Internazionale, Lazio, Marseille, atau bahkan Levante untuk unjuk gigi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biasakan Comment Yah ... You'll Never Walk Alone