02 September 2012

Happy Birthday Bill Shankly


“Beberapa orang berpikir sepak bola adalah hidup dan mati. Tapi saya yakinkan Anda, ini akan jauh lebih penting daripada itu semua.“ - William “Bill” Shankly. 

Bill Shankly mungkin akan menjadi 98 tahun saat ini jika masih hidup.

Aku pikir hanya itu kata-kata yang tepat sebelum aku harus menulis sebuah artikel kecil tentang orang besar yang pada hari ini adalah ulang tahun ke-98 nya. Bill Shankly adalah jauh sebelum waktu aku dilahirkan ke dunia ini, tapi seperti fan Liverpool aku telah mempelajari tentang dia selama bertahun-tahun dan bahkan membaca satu otobiografi tentang dia. Sulit untuk menulis sebuah artikel tentang orang besar ini sebagai orang yang lebih baik, dan begitu banyak penulis dari aku telah mengatakan itu semua sebelumnya. Tapi sebelumnya aku memiliki perasaan dan aku mengatakan "apa artinya orang besar ini bagi aku?". Ya.. jelas orang ini sangat besar bagiku dan sangat berarti buat aku. 

Aku belum lahir ketika orang besar diteruskan dan sejak aku berumur 7 tahun sudah mendukung Liverpool tapi aku tidak tahu siapa dia, aku telah mendengar tentang dia, dan aku tahu kabar menyedihkan tentang hari kematiannya dan mendengar cerita reaksi ayahku saat itu. Ayahku jelas sangat tahu lebih banyak tentang dia dibandingkan diriku. Semua cerita besar tentang orang ini, mungkin kalian mendengar ini orang besar dari mantan pemain legendaris seperti prestasinya. Cara dia telah menyentuh setiap pendukung Liverpool bahkan masih bertahun-tahun setelah kematiannya menunjukkan apa yang orang ini lakukan untuk klub ini. 

Datang dari sebuah desa pertambangan kecil di Ayrshire yang sayangnya tidak lagi dihuni karena aku pernah berkunjung hanya untuk menemukan memorial berdirinya Shankly. Aku pikir tanah pertambangan dimana menjadi tanah kelahirannya berdiri dimanfaatkan dengan baik untuk karir masa depannya. Aku tidak ingin membuat kalian bosan dengan fakta-fakta dari karirnya sebagai pemain. Aku yakin kalian tahu semua tentang dia, aku hanya ingin memberitahu kalian bagaimana dia telah menyentuh saya.Dan aku pikir itulah mengapa aku mengambil minat untuk ditambahkan kedalam hidupku. Aku selalu mencoba untuk menonton program di TV tentang Shankly atau membaca artikel di surat kabar tentang dia karena aku menghormati pria yang telah melakukan begitu banyak hal untuk Liverpool. 

Prestasinya di Liverpool adalah semua lebih luar biasa mengingat keadaan klub pada saat itu. Shankly mengubah klub benar-benar dipelihara dan bahkan Anfield serta Melwood di Liverpool dijadikan sebagai sarana latihan berlari dari bawah. Cara Shankly mengubah metode pelatihan, diet pemain dan jelas tim menakjubkan, dan bagaimana transformasi klub terjadi relatif cepat sebagai hasilnya Liverpool kembali membaik. Shankly membangun tim brilian ia mengambil kembali ke Divisi Pertama setelah mendekam di Divisi II. Dia terus memperbaiki tim, mendatangkan pemain yang luar biasa dengan orang-orang seperti St John dan Ron Yeats memperkuat tim.

 Setelah banyak keberhasilan di tahun 1960 Shankly menyadari inti dari timnya sudah terlalu tua dan dengan prioritas pada peningkatan tim dia menggantikan pemain yang telah bersamanya begitu lama. Ia membawa orang-orang seperti Clemence, Heighway, Hughes, Toshack dan Keegan dan pada dasarnya membangun sebuah tim baru yang akan membuat keberhasilan datang. Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa dia benar-benar pensiun tapi aku yakin dia hanya melakukannya karena dia tahu bahwa Liverpool memiliki orang besar di Bob Paisley yang memerintah setelah dia. Bill Shankly Anda tidak akan pernah terlupakan. Dia membuat orang-orang bahagia 

YNWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Biasakan Comment Yah ... You'll Never Walk Alone